Pelajari Strategi Diseminasi Informasi, DPRD Belitung Timur Kunjungi Dinas Kominfo Belitung

Berita Kabupaten Berita Tanjung Pandan

Tanjungpandan, Media Center – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung menerima kunjungan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Belitung pada selasa, 23/02/2021, di ruang BSMART Kominfo Belitung.

Ketua Komisi I DPRD Belitung Timur,  Drs. Husaini Rasyid, M.Si menyebutkan tujuan kunjungan yang dilakukan DPRD Belitung Timur ini adalah untuk melakukan konsultasi dan koordinasi berkenaan dengan peran Kominfo dalam menjalin kerja sama dan kemitraan dengan pihak media dalam penyebarluasan informasi secara efektif ke masyarakat.

“Kami belajar dari sini (Dinas Kominfo Belitung-red), nanti akan kami sampaikan ke Diskominfo Belitung Timur, agar dapat diterapkan disana” sebut Husaini.

Ketua Komisi I Dewan perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Belitung Timur, Drs. Husaini Rasyid, M.Si.

Kepala Dinas Kominfo, Mohammad Iqbal menyebut bahwa Kominfo Belitung telah melakukan beberapa formula dalam melakukan diseminasi informasi, mulai dari strategi diseminasi informasi melalui media elektronik (online dan radio), maupun melibatkan peranan masyarakat itu sendiri seperti membentuk agen kominfo (Kelompok Informasi Masyarakat), maupun media luar lainnya yang dapat menyalurkan informasi secara efektif, seperti menyalurkan informasi dengan memanfaat kearifan lokal, hal ini dilakukan tidak lain agar informasi yang disampaikan dapat diterima lebih mudah oleh masyarakat.

“Selain telah melakukan penyebaran informasi melalui media online, kami juga membentuk agen kominfo dimasyarakat, saat ini kami telah memiliki 7 kelompok informasi masyarakat yang tersebar ke beberapa kecamatan, mereka ini merupakan perpanjangan diskominfo di masyarakat, selain itu kami juga memanfaatkan budaya lokal untuk menyampaikan informasi, tahun kemarin kami menyampaikan informasi yang berkenaan dengan covid19 melalui pertunjukan rakyat media tradisional” ujar Iqbal.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung

Terkait kemitraan dengan media, Iqbal menyebut bahwa pihaknya selalu menjaga hubungan baik dengan pihak media, menurut iqbal media merupakan kunci tersalurkannya informasi dengan baik, selain itu media jugalah yang memegang peranan penting untuk menjaga citra pemerintahan dimasyarakat.

“Kami selalu menjalin komunikasi dan melibatkan media dalam kegiatan kami, termasuk pada peringatan hari pers nasional yang akan digelar jumat mendatang (26/02/2021)” ujarnya.

Selain membahas peran Kominfo dalam menjalin kerja sama dan kemitraan dengan media tersebut diskusi ini juga membahas program-program lainnya yang digagas oleh Diskominfo Belitung, antara lain portal Belitung Satu Data, yang dapat memenuhi kebutuhan data publik bagi masyarakat dan juga aplikasi Sistem Informasi Bantuan Sosial (SiBansos) yang digunakan pemkab Belitung untuk menyaring data penerima bantuan  dalam melakukan penyaluran bantuan sosial beberapa waktu lalu. (Randa/IKP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 + 7 =