Perkuat Peran BUMD, Pemkab Belitung Ajukan Raperda Ke DPRD

Berita Kabupaten Berita Tanjung Pandan

Tanjungpandan, Media Center – Pemerintah Kabupaten Belitung berencana memperkuat PT. Belitung Mandiri selaku badan usaha milik daerah (BUMD). Upaya ini dilakukan melalui pengajuan Raperda kepada DPRD pada senin (08/03/2021).

Bupati Belitung menyebutkan bahwa selama ini pembentukan BUMD di kabupaten Belitung belum diatur secara khusu melalui satu raperda khusus. Dengan adanya Raperda ini nantinya akan mendorong terbentuknya anak-anak perusahaan dari BUMD.

“Dari perusahaan daerah ini harusnya ada anak perusahan yang bergabung dalam saru induk Perusahaan,” terang Bupati Sahani usai menghadiri rapat paripurna di DPRD Kabupaten Belitung.

Bupati menjelaskan bahwa masing-masing anak perusahaan ini nantinya dapat mengurusi masing-masing sektor. Sektor-sektor seperti perikanan, pendistribusi air bersih, perikanan, dan pariwisata, serta beberapa sektor lain.

“Nantinya ada yang mengurusi pelabuhan, distribusi air bersih, seperti layaknya BUMN,” ungkap Bupati Sahani.

Bupati juga menyebutkan bahwa salah satu hal yang dapat dikelola BUMD adalah terkait ketahanan pangan. Anak perusahaan BUMD nantinya bisa kerja sama dengan PT. Bulog. Hal ini diharapkan dapat meminimalisir terjadinya kelangkaan pangan. (Arlan/IKP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

10 + four =